Bagaimana cara mempertahankan gaya hidup walaupun income sudah bertambah?

Kalau kita melihat bagaimana cara Orang super kaya menjalani hidupnya, kita semua pastinya merasa salut, karena walaupun aset mereka sudah bertambah banyak, namun gaya hidup mereka tetap sama. Tidak ada barang mewah. Tidak perlu baju bermerek. Tidak perlu membuang uang hanya untuk penampilan mereka. Mereka sudah terlihat kaya dalam kesederhanaannya.

Begitupun hal yang harus kita lakukan supaya kita bisa me-manage sumber daya yang kita miliki dengan bijaksana. Rumus  Marginal Prospensity of Saving (MPS) dan Marginal Prospensity of Consume (MPS) mengajarkan kita bahwa jika income kita bertambah dan kita merubah gaya hidup dan menambah pengeluaran, maka berapa pun pertambahan income kita maka yang akan naik adalah MPC nya, bukan MPS nya. Padahal seharusnya MPS + MPC = 1. Jika pertambahan income sebesar 1 rupiah, dan pengeluaran kita bertambah juga sebesar 1, maka kita tidak memiliki porsi untuk disimpan. Hal ini berbanding terbalik dengan apa yang dilakukan oleh orang super kaya. Berapa pun pertambahan income mereka, gaya hidup  mereka tetap dipertahankan pada level yang sama, sehingga MPC mereka=0, MPS mereka bertambah besar seiring waktu, tanpa pertambahan konsumsi. Jika kita mengerti hal ini, maka kita akan mengetahui mengapa orang kaya menjadi semakin kaya.

Nah, kalo gitu, kita semua bisa belajar dong dari orang super kaya tersebut?

Tentu saja!

Caranya, yuk kita tanyakan beberapa pertanyaan ini sebelum membeli sesuatu:

  1. Apa yang sudah saya miliki?
  2. Apa yang ingin saya miliki?
  3. Apa yang benar-benar saya butuhkan?
  4. Apakah yang saya inginkan merupakan kebutuhan saya?
  5. Jika saya membelinya, berapa lama saya akan memakainya?

Gambaran besarnya, kita wajib bertanya pada diri sendiri:

  1. Tambahan sumber daya apa yang saya butuhkan?
  2. Gaya hidup seperti apa yang harus saya pertahankan?

 

Karena besarnya MPC dan MPS Anda Tergantung bagaimana usaha atau cara Anda & bagaimana Anda pandai mengelola keuangan Anda.

Sepintar apapun Anda bekerja & mencari uang jika tidak pintar mengelolanya maka akan menjadi sia-sia.

Jika salah satu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diatas adalah “YA”, maka tidak perlu untuk klik link ini: http://bit.ly/Tatit_Prudential

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *